Friday, November 30, 2007

bab 4

BAB IV
ANALISIS STRUKTUR

4.1 Analisis Struktur Cerita 1 (C-1)
4.1.1 Teks C-1
Kieu ari anu katampi ku aki mah. Eyang Batuwangi teh putrana Batara Terus Bawa anu katutuh ti istri. Jadi raina, saderekna teh Mbah Tanjung anu di Bojong. Tah eta pang ageungna teh. Tah hiji waktos anu katampi ku aki mah, kapungkur teh aya anu ngalalana cenah ka dieu teh, Dipati Ukur bade ngarebut nagara. Masalahan di Gunung Lumbung. Tah dinya kulantaran duka kunaon atuh, da ngaratu teh ka Sukapura kapungkur mah. Di dieu teh malah panghuluna teh kapan buyut aki, nya. Ibuna ibu Murnah, Eyang Nurwajan panghuluna teh. Tilu bulan di Tasik, di Sukapura, tilu bulan di Pakemitan, Banjarwangi.
Nya sayembara di dinya teh. Anu katampi ku aki ti Pun Aki teh nya, Eyang Muhammad Aleh, ajengan di dieu baheula. Sayembara di ditu. Nya Eyang Surapati anu ti dieu teh kaditu. Nya tilu belas jalmi anu nuju di dinya teh. Saur Eyang Surapati teh, “moal aya anu meunangkeun deui iwalti menak Batuwangi”.
Tah anu katampi ku aki sajarahna. “Ayeuna mah Menak Batuwangi ondang weh ka dieu, ka Sukapura.”
“Tah Gusti, abdi teh wantun henteu, teu wantun henteu. Kumargi abdi teu acan berpengalaman, namung abdi teh ngawasa, tiasa. Tapi da teu acan diangge mah da teu terang.”
Masalahan di Gunung Lumbung. Ti Gunung Lumbung ti ditu, Dipati Ukur mentangkeunana pangaji, naon pangarti. Tah kulantaran ilmu panemu teu matih teu asup ka Eyang Batuwangi, teu disinghareupan di ditu, aya munding cenah gigireunana teh, aya munding weh kitu. Di cokot cenah munding teh, pangheulana munding bikang ku Dipati Ukur teh di palempengkeun ti gunung Lumbung ka Ciudian weh kitu. Ka Ciudian. Aya makamna engke. Engke kapanggih lamun bener geus hayang ceuk paribasana sampeur aki urang jarahan. Dipalempengkeun, sedeng rek nepi ka makamna atawa ka gedongna, teu acan pupus Batuwangi, mengpar. Disebut weh ayeuna jadi gunung, gunung Munding Bikang. Tapi kulantaran helok kitu nya, naha asa kacida-kacida teuing. Aya keneh hiji deui jaluna, cokot, dipalempengkeun deui. Dek nepi, mengpar deui weh kaditu, cle! Jadi ngarendeng weh ayeuna dua, antara tonggoheun Limus Tilu. Tonggoheun Limus Tilu aya gunung, Munding Bikang jeung Munding Jalu, batu.*
“Ayeuna mah nyerahkeun weh ka Raden.” Anjeuna angkat ka luhur, nya anjeuna teh hiber. Ana hiber ka gunung Tikukur, Bandung. Numawi perah keris teh jiga manuk tikukur di dieu teh. Kitu asalna teh. Tuluy ka ditu. Atuh udag weh ku anjeunana. Nya di jalan teh cenah aya nu keur calik di dinya.



*Paragraf 5 diambil dari wawancara 1
“Bade ka mana, Eyang?”
“Eyang teh bade ngala Dipati Ukur ka Bandung, ayeuna di gunung Tikukur. Maneh mun dibawa ayeuna daek?”
“Mangga”
“Ngan maneh diganti ngaran, ayeuna Wira Dadakan.”
Terus cenah ka Bandung. Dugi ka Bandung teh, angkat weh ka lurah. “Lurah, Dipati Ukur rek ngarebut nagara, ayeuna aya di Gunung Tikukur, kade eta jalema ngarti. Di dieu pek nyieun hajat sing gede, engke mun geus asak pasakan panggil Dipati Ukur ka dieu.”
Dongkap teh dipanggil ka dinya. “Aya tamu?”
“Teu aya.”
Turun weh ka dinya, gerewek weh, “Taluk ka urang, moal?” kumargi saur ieu kedah dipotong janggana, heug weh cenah dipotong. Kenging weh cenah.
“Ayeuna Wira, Maneh diganti ku urang jadi Wira Dadaha. Setorkeun ka Gusti di ditu, ieu mastaka Dipati Ukur. Urang, kumargi kagungan putra ngan hiji-hijina nu ti Pangisikan, istri. Lila kula di Bandung, ayeuna urang rek ka Batuwangi. Jig anteurkeun ka ditu!”
Ari dongkap ka ditu,
“Ka mana Raden?”
“Teu aya, puput di pangperangan.”
“Ku saha beunangna?”
“Ieu teh ku Abdi.”
“Ayeuna mah kulantaran di dieu Ratu geus wakca ka Raden, sing saha nu meunangkeun Dipati Ukur, eta dijieun ratu.”
Jleg weh mun jadi raja tea mah jadi raja. Tah Eyang lunggang-linggung sumping ka ditu. Ana sumping anjeuna teh teu sumping ka karaton, tapi ka kantor di Sukapura. Ka gedong kapungkur mah. Mangpuluh-puluh juru silat cenah kadinya, atuh paburantak teu tiasa lebet. Tah sumping weh raja sepuh.
“Oh geuning Raden, yeuh! Raden ayeuna mah nyanggakeun weh ka Raden.”
Nya saurna kieu, “Ama, abdi mah moal nganyenyeri batur, da abdi oge ayeuna nyeri, ngan sakieu weh ayeuna mah, pek weh tuluykeun ku maneh, karunya. Ngan rek nyirian, hiji ulah awet jeneng, dua ulah boga turunan”
Kitu tah sajarah anu katampi ku aki mah (TW 5).

4.1.2 Terjemahan C-1
Yang kakek terima begini, Eyang Batuwangi adalah putra dari Batara Terus Bawa dari seorang istrinya. Adiknya adalah Mbah Tanjung di Bojong. Dialah yang paling besar. Nah pada suatu hari, yang kakek terima, ada yang mengembara ke sini, yaitu Dipati Ukur. Mau merebut kekuasaan negara. Terjadilah masalah di Gunung Lumbung. Nah di sana, entah kenapa, sebab waktu itu daerah di sini mengabdi ke Sukapura. Malah di sini yang menjadi penghulu adalah kakek buyut saya sendiri, ibunya Ibu Murnah, Eyang Nurwajan namanya. Tiga bulan di Tasik, di Sukapura, tiga bulan di Pakemitan, Banjarwangi.
Diadakanlah sayembara, yang kakek terima dari kakek saya, Eyang Muhammad Aleh, ulama di sini zaman dulu. Sayembara di sana. Lalu Eyang Surapati dari sini datang ke sana. Di sana sudah ada tiga belas orang. Kata Eyang Surapati, “tidak ada lagi yang mampu memenangkannya kecuali penguasa dari Batuwangi.”
Nah menurut cerita yang Kakek terima, “sekarang undanglah penguasa Batuwangi itu ke sini, ke Sukapura.”
“Gusti, hamba merasa sanggup tak sanggup, sebab hamba belum berpengalaman. Tapi hamba tetap merasa mampu. Karena belum dibuktikan, jadi tidak tahu.”
Terjadi sengketa di Gunung Lumbung. dari Gunung Lumbung, Dipati Ukur mengerahkan ilmu kesaktiannya. Nah karena segala kesaktiannya tak dapat menembus Eyang Batuwangi, tidak dihadapi di sana. Di sampingnya ada kerbau. Diambilnyalah kerbau itu. Yang pertama diambil dan dilemparkan dari Gunung Lumbung ke Ciudian oleh Dipati Ukur adalah kerbau betina. Di sana ada makamnya. Nanti dapat ditemui. Kalau mau, jemput saya, kita ziarahi. Dilemparkan, begitu akan sampai ke makamnya atau ke gedongna, belum meninggal Batuwangi, meleset. Jadilah gunung, gunung Munding Bikang. Akan tetapi, karena heran, “keterlaluan”, katanya. Masih ada seekor lagi, yang jantan, diambil lagi, dilemparkan lagi. Begitu akan sampai, meleset lagi. “Cle”, jadi dua-duanya sekarang bersanding di dekat Limus Tilu. Di dekat Limus Tilu ada dua ekor kerbau, jantan dan betina, wujudnya batu.
“Sekarang terserah Raden” Beliau terbang ke angkasa. Terbanglah ke gunung Tikukur, Bandung. Makanya gagang keris yang ada di sini bentuknya seperti burung tekukur. Begitulah asalnya. Terus ke sana dikejar oleh Beliau. Kemudian di perjalanan ada seseorang yang sedang duduk.
“Mau ke mana, Eyang?”
“Saya akan mengejar Dipati Ukur ke Bandung. Sekarang di Gunung Tikukur. Kalau saya bawa kamu sekarang bersedia?”
“Baiklah”
“Tapi sebelumnya saya ganti namamu menjadi Wira Dadakan”
Teruslah ke Bandung. Sesampainya di Bandung, pergilah beliau menemui lurah. “Lurah, Dipati Ukur akan memberontak pada negara, sekarang ada di Gunung Tikukur, hati-hati dia orang yang pandai. Di sini buatlah pesta besar, nanti setelah masakan telah siap dihidangkan, panggil Dipati Ukur ke sini.”
Datanglah Dipati Ukur ke sana.
“Ada tamu?”
“Tidak ada.”
Turunlah ke sana, lalu disergap, “apakah kamu takluk kepadaku atau tidak?” Karena perintah raja harus dipenggal kepalanya, maka dipenggallah kepalanya. Akhirnya berhasil.
“Sekarang Wira, namamu kuganti menjadi Wira Dadaha. Serahkanlah kepala Dipati Ukur ini kepada Gusti di sana. Aku, karena hanya mempunyai satu-satunya anak dari istri di Pangisikan, seorang anak permpuan. Sudah lama aku di Bandung, sekarang aku akan ke Batuwangi dulu. Serahkanlah ke sana sendiri!
Begitu datang ke sana,
“Raden ke mana?”
“Tidak ada, sudah gugur dalam peperangan.”
“lalu siapa yang memenangkan?”
“Ini saya yang memenangkan.”
“Sekarang, karena Ratu telah berikrar kepada Raden bahwa siapa pun yang berhasil menangkap Dipati Ukur, akan dijadikan raja.”
Jadilah kalau istilahnya raja, menjadi raja. Nah Eyang datang ke sana. Beliau tidak langsung datang ke keraton, tetapi ke kantor di Sukapura. Dulu itu ke gedung. Berpuluh-puluh jagoan silat datang ke sana. Acak-acakan tidak dapat masuk. Datanglah raja sepuh
“Oh, ternyata Raden! Raden, sekarang terserah Raden.”
Beginilah jawabnya. “Tuanku, saya tidak akan menyakiti hati orang lain. Sebab hamba juga merasa sakit saat ini. Tapi beginilah sekarang,” katanya, “lanjutkan saja olehmu (wira), kasihan. tapi lihat saja cirinya, pertama kau tidak akan lama-lama berkuasa, dan kedua kau tidak akan punya keturunan.”
Begitulah sejarah yang kakek terima.

4.1.3 Latar
Latar yang dominan disebutkan pada C-1 adalah latar tempat. Pada C-1 disebutkan tempat-tempat Gunung Lumbung, Sukapura, sebuah tempat di perjalanan, Gunung Tikukur di Bandung, kediaman seorang lurah di Bandung, dan Batuwangi. Gunung Lumbung adalah sebuah gunung di Kecamatan Singajaya, tepatnya sebelah selatan Batuwangi (Desa Ciudian). Gunung Lumbung merupakan tempat pertama kali Eyang Batuwangi bertarung dengan Dipati Ukur. Penutur mengatakan “masalahan di Gunung Lumbung” (paragraf 1 dan 5).
Selain Gunung Lumbung, diceritakan juga Sukapura. Sekarang daerah ini merupakan salah satu kota kecamatan di kabupaten Tasikmalaya. Sebagian penutur yang lain (lihat lampiran transkrip wawancara) justru mengatakan latar yang sama dengan nama yang berbeda, yaitu Manonjaya. Padahal Manonjaya saat ini adalah kota kecamatan yang lain di Tasikmalaya yang jaraknya cukup jauh dari Sukapura. Dalam cerita disebutkan bahwa seorang ratu (raja atau penguasa) mengadakan sebuah sayembara untuk menangkap dan membunuh Dipati Ukur. Perlu diperhatikan bahwa daerah tersebut termasuk wilayah Galuh yang ditaklukan oleh Mataram pada tahun 1595, kemudian di bawah kerajaan Mataram, Kerajaan Galuh bersama dengan kerajaan Sumedang Larang dijadikan wilayah setingkat kabupaten yang dikepalai oleh seorang bupati (Lubis, 2003: 241). Jadi Sukapura pada C-1 adalah sebuah pars pro toto untuk sebuah kekuasaan yang membawahi daerah-daerah di Singajaya saat ini. Penutur mengatakan, “tah dinya kulantaran duka kunaon atuh, da ngaratu teh ka Sukapura kapungkur mah” (paragraf 1).
Setelah menyanggupi untuk membunuh Dipati Ukur, Batuwangi pergi mengejar Dipati Ukur. Di sebuah perjalanan dari Gunung Lumbung menuju Bandung, Eyang Batuwangi bertemu dengan Wira Dadaha. Sesampainya di Bandung, Batuwangi mendatangi kediaman seorang lurah. Di rumah lurah ini Batuwangi menunggu Dipati Ukur dengan sebuah muslihat, yaitu membuat pesta dan memanggil Dipati Ukur turun dari Gunung Tikukur. Jadi kediaman lurah ini mungkin berada di kaki gunung Tikukur.
Setelah Dipati Ukur berhasil dipenggal kepalanya, Eyang Batuwangi menyuruh Wira Dadaha menyerahkan Kepala tersebut kepada raja di Sukapura. Sedangkan Eyang Batuwangi sendiri kembali ke Batuwangi (Ciudian). Rupa-ruapanya, istilah Batuwangi sebagai nama tempat selain istilah yang dipakai sekarang oleh penutur, istilah ini juga telah berlaku saat Eyang Batuwangi masih hidup. Maka untuk membedakan istilah Batuwangi sebagai nama tokoh dan nama tempat, dalam analisis ini dan selanjutnya akan dibedakan menjadi Eyang Batuwangi sebagai nama tokoh, dan Tanah Batuwangi sebagai nama tempat.
Sementara itu, latar waktu tidak dapat dipisahkan dari latar sosial C-1. Latar waktu tidak dijelaskan melalui angka tanggal, bulan dan tahun. C-1 hanya memberikan informasi dalam kutipan berikut.
“Tah hiji waktos anu katampi ku aki mah, kapungkur teh aya anu ngalalana cenah ka dieu teh, Dipati Ukur bade ngarebut nagara. Masalahan di Gunung Lumbung. Tah dinya kulantaran duka kunaon atuh, da ngaratu teh ka Sukapura kapungkur mah. Di dieu teh malah panghuluna teh kapan buyut aki, nya. Ibuna ibu Murnah, Eyang Nurwajan panghuluna teh…” (paragraf 1).

Kata-kata yang dicetak miring pada kutipan menunjukkan latar waktu dan latar sosial masyarakat pada masa C-1. Kapungkur berarti zaman dulu atau masa lalu yang telah lama. Kata ngaratu berarti mengabdi kepada ratu, atau penguasa. Kata ini menunjukkan bahwa pada waktu itu masih berlaku sistem pemerintahan kerajaan yang dikuasai oleh seorang raja, ratu atau raja serta ratu bawahan. Panghulu atau penghulu merupakan penguasa daerah di bawah bupati. Ini pun merupakan istilah pemerintahan pada masa lalu.
Menurut catatan sejarah, Dipati Ukur diangkat menjadi wedana bupati di priangan oleh Sultan Agung pada tahun 1625. Ia diberi tugas oleh Sultan untuk menyerang Belanda di Jakarta. Penyerangan tersebut dilakukan pada tanggal 11 September 1628 dan Dipati Ukur dan pasukan Sunda yang dipimpinnya mundur dari medan perang di Jakarta. Dipati Ukur dianggap berkhianat kepada Mataram karena dianggap melarikan diri dari medan pertempuran. Akhirnya Dipati Ukur ditangkap dan dihukum mati pada tahun 1630 (Lubis, 2003: 243-244). Dengan demikian, bila C-1 dikaitkan dengan catatan sejarah tersebut maka latar waktu C-1 mungkin terjadi di antara tahun 1625-1630. Hal ini dikarenakan C-1 sama dengan catatan sejarah oleh Lubis di atas, yaitu mengisahkan penangkapan Dipati Ukur.





4.1.4 Tokoh
Tokoh-tokoh dalam C-1 antara lain sebagai berikut:
Eyang Batuwangi
Eyang Batuwangi seperti dikatakan oleh penutur adalah anak dari Batara Terus Bawa. Masyarakat percaya bahwa makam Batara Terus Bawa berada di Desa Dangiang, kecamatan Singajaya, tepatnya sekitar 5 KM dari makam Batuwangi. Sementara itu, nama Eyang Batuwangi secara lengkap dan disepakati oleh semua penutur adalah Eyang Luluhur Batuwangi Marajahiang Bayu Prabu Sangadipati bin Guru Gantangan.
Penambahan kata bin Guru Gantangan menyiratkan bahwa Eyang Batuwangi adalah anak dari Guru Gantangan. Seperti kita ketahui, Guru Gantangan adalah putra dari Prabu Siliwangi, raja Pajajaran yang terkenal (Sumarjo, 2000). Penyebutan bin Guru Gantangan ini sekaligus memberikan keragu-raguan kepada kita mengenai siapa ayah dari Eyang Batuwangi. Di lain pihak, kuncen Batuwangi mengatakan bahwa Batara Terus Bawa adalah nama lain dari Eyang Batuwangi sendiri (lihat TW4).
Eyang Batuwangi adalah orang yang cukup penting (menak) di wilayahnya. Ia juga merupakan orang yang mempunyai kesaktian yang luar biasa sehingga dipanggil untuk mengikuti sayembara. Dalam cerita dapat dilihat misalnya, Saur Eyang Surapati teh, “moal aya anu meunangkeun deui iwalti menak Batuwangi” (Paragraf 2). Selain itu, ia juga begitu dihormati dan disegani, panggilan Raden disematkan kepadanya. “Oh geuning Raden, yeuh! Raden ayeuna mah nyanggakeun weh ka Raden” (Paragraf 10).
Menurut kuncen, Batuwangi juga dikenal dengan nama-nama lain di tempat yang berbeda. Misal di Cibentang dikenal dengan nama Kyai Haji Karang Bentang, di Sirah Ciudian dikenal dengan nama Batara Terus Bawa, dan di Bojong dikenal dengan nama Rangga Buana. Hal ini dibuktikan dengan adanya petilasan pada masing-masing tempat.
Batuwangi adalah orang asli Batuwangi. Tempat ini sekarang tinggal sebidang tanah tidak lebih luas dari satu hektar di desa Ciudian. Di tengah-tengah tanah inilah makam Batuwangi berada. Kemudian Batuwangi pergi ke Mataram untuk belajar agama. Setelah cukup mapan dalam bidang agama dan kesaktian, Batuwangi kembali ke Ciudian, kemudian menikah dengan seorang putri kerajaan Galuh Pakuan yang berkedudukan di Panjalu. Putri tersebut bernama Nyi Mas Gedung Waringin. Darinya ia dikaruniai dua orang anak, masing-masing adalah Seh Keti Nurwahid yang makamnya ada di Panyalahan dan Eyang Margawangsa yang dimakamkan di Sodong Hilir.
Kemudian Batuwangi tinggal di Sumedang. Di sana ia menikah dengan Ibu Ratu Harisbaya. Ratu Harisbaya adalah saudara Panembahan Senapati, ayah Sultan Agung dari Mataram (Hardjasaputra, 2004:15). Darinya ia dikaruniai empat orang anak, namun kuncen hanya mengetahui dua diantaranya. Mereka adalah Sembah Dalem Adipati Wiranata Kusumah dan raden Wijaya Kusuma. Diterangkan bahwa Wiranata Kusumah makamnya ada di Kompleks makam Bupati Bandung (Dalem Kaum). Sedangkan Raden Wijaya Kusumah adalah yang membuat sumber air yang kini dikenal dengan Sumur Bandung (TW-3).

b. Eyang Surapati
Eyang Surapati mengusulkan kepada Raja di Sukapura untuk memanggil Eyang Batuwangi. Eyang Surapati berasal dari tempat yang sama dengan Eyang Batuwangi, yaitu dari Ciudian. Pada saat ini masyarakat mengenal Eyang Surapati sebagai karuhun yang makamnya berada di desa Cigintung, Singajaya.

Nya Eyang Surapati anu ti dieu teh kaditu. Nya tilu belas jalmi anu nuju di dinya teh. Saur Eyang Surapati teh, “moal aya anu meunangkeun deui iwalti menak Batuwangi” (Paragraf 2).


c. Raja
Raja pada konteks C-1 berarti penguasa wilayah di Sukapura. Padahal pada kenyataannya, Sukapura hanyalah sebuah wilayah yang tidak terlalu besar. Lagi pula wilayah itu merupakan wilayah kerajaan Galuh yang telah dibentuk kabupaten di bawah kerajaan Mataram. Jadi raja pada C-1 berarti, 1) penguasa wilayah semacam Bupati, atau 2) raja dari daerah lain (Mataram) yang datang ke Sukapura sebagai wilayah kekuasaannya untuk mengadakan sayembara. Sayembara itu sendiri dilaksanakan untuk menyelesaikan pemberontakan Dipati Ukur. Ia menjanjikan hadiah kepada siapa pun yang berhasil membunuh Dipati Ukur berupa jabatan yang sangat tinggi. Alasan kedua diperkuat dengan penuturan Aki Suha (Nara Sumber 3) sebagai berikut.

Waktu Kanjeng Sinuwun diserang ku musuh nyaeta Dipati Ukur tea, raja baheula ku kitu teh sayembara. Nya ngungsi ka dieu ka Sukapura, kitu saurna teh. Nya di Tasik sieun ku musuh teh, kitu. Nya sayembara, saha nu meunangkeun musuh nyaeta Dipati ukur tea, engke ku Kami diangkat dalem weh kitu… (TW 3).



d. Wira Dadaha.
Wira Dadaha adalah seorang gandek, atau pembantu yang mengawal Eyang Batuwangi sejak diajak oleh Eyang Batuwangi di perjalanan menuju Bandung. Wira Dadaha mengkhianati Eyang Batuwangi dengan mengakui jasa-jasa Eyang Batuwangi sebagai keberhasilan dia sendiri. Sampai saat ini nama Wira Dadaha diabadikan menjadi sebuah nama kota kecamatan, yaitu Dadaha di Tasik Malaya.

e. Dipati Ukur
Dipati Ukur dalam C-1 diceritakan sebagai seorang pengembara yang datang dengan tujuan merebut negara atau melakukan pemberontakan. Hal ini tampak dalam salah satu bagian cerita, “Tah hiji waktos anu katampi ku aki mah, kapungkur teh aya anu ngalalana cenah kadieu teh, Dipati Ukur bade ngarebut nagara” (paragraf 1).
Sementara itu, pada kalangan masyarakat Sunda pada umumnya Dipati Ukur dikenal masyarakat sebagai pahlawan (Ekajati, 1982: 4). Hal ini misalkan tampak dari penamaan salah satu jalan utama di kota Bandung. Dalam naskah Leluhur Bandung karya Raden Jaya Kusumah yang diteliti oleh Ekadjati (1982), Dipati Ukur terdapat dalam silsilah sebagai berikut:

Prabu Siliwangi
Guru Gantangan
Prabu Lingga Pakuan
Prabu Pandaan Ukur Pangeran Cahaya Luhur (Banyumas)
Kiai Dipati Agung Pangeran Cahyana
Nyai Gedeng Ukur x Dipati Ukur
Bagan 4.1: Silsilah keturunan Dipati Ukur

Silsilah di atas menunjukkan bahwa Dipati Ukur menikah dengan keturunan kelima dari Prabu Siliwangi. Sedangkan menurut Ranggawaluya (1980), Dipati Ukur adalah cucu dari Raja Pajajaran, Sri Baduga Maharaja.
Dipati Ukur meninggalkan Pasundan menuju Mataram untuk mengabdi kepada Sultan Agung. Setelah ia menjadi pejabat tinggi, ia diberi tugas untuk menaklukan Sampang di Madura. Namun tugas ini gagal dilaksanakan oleh Dipati Ukur. Karena kegagalan ini seharusnya Dipati Ukur mendapat hukuman, tapi Dipati Ukur diberi kesempatan untuk memperbaiki kegagalannya sekali lagi. Dipati Ukur diharuskan membawa rakyat Sunda untuk menyerang Belanda di Jakarta. Dipati Ukur menyanggupi tugas ini dengan membawa ribuan orang Sunda untuk menyerang Jakarta. Lagi-lagi penyerbuan ini pun gagal. Pasukan Dipati Ukur mundur. Ternyata pemunduran ini dianggap pelarian dari medan perang. Oleh karena itu, Dipati Ukur harus dihukum mati. Maka Sultan Agung mengirim pasukan untuk menangkap Dipati Ukur.
Sejak itulah terjadi peperangan antara pasukan Mataram (Jawa) melawan pasukan Dipati Ukur (Sunda). Tidak ada kesimpulan yang pasti mengenai tertangkap tidaknya Dipati Ukur. Ada yang meriwayatkan Dipati Ukur tertangkap dan dihukum mati oleh Mataram, ada yang meriwayatkan Dipati Ukur meninggal karena sakit, dan ada pula yang meriwayatkan Dipati Ukur ngahiang.

f. Lurah
Lurah adalah seorang penguasa wilayah desa. Dalam C-1 lurah memiliki kediaman di dekat Gunung Tikukur, Bandung. Ialah yang membantu Eyang Batuwangi untuk menyiapkan penyambutan terhadap Dipati Ukur. Lurah inilah yang diutus untuk memanggil Dipati Ukur dari atas Gunung Tikukur ke rumahnya yang telah disiapkan sebuah pesta. Ternyata dalam jamuan makan pesta tersebut Dipati Ukur disergap oleh Eyang Batuwangi.

Dugi ka Bandung teh, angkat weh ka lurah. “Lurah, Dipati Ukur rek ngarebut nagara, ayeuna aya di Gunung Tikukur, kade eta jalema ngarti. Di dieu pek nyieun hajat sing gede, engke mun geus asak pasakan panggil Dipati Ukur ka dieu” (paragraph 8).


4.1.5 Skema Aktan dan Model Fungsional
Hubungan Antar tokoh dalam C-1 tidak terlalu rumit. Rangkaian peristiwa tersusun untuk mencapai satu tujuan utama, yaitu membunuh Dipati Ukur. Dengan keberhasilan membunuh Dipati Ukur, Batuwangi juga berhak mendapatkan hadiah dari raja, yaitu jabatan yang tinggi di Sukapura. Jadi, yang ditekankan dalam penuturan C-1 adalah keberhasilan Batuwangi membunuh Dipati Ukur. Adapun jabatan yang dijanjikan oleh raja hanya merupakan unsur yang dipertaruhkan sebagai imbalan. Oleh karena itu, hubungan antar tokoh dalam C-1 dapat diuraikan dalam satu aktan utama dan satu aktan bawahan.
Aktan Utama menunjukkan adanya karsa yang muncul dari raja (pengirim) untuk menyelesaikan permasalahan dengan Dipati Ukur. Raja menginginkan Dipati Ukur mati dan dipenggal kepalanya. Akan tetapi, raja merasa tidak sanggup untuk menyelesaikan masalah ini dengan tangannya sendiri. Oleh karena itu, raja mengadakan sayembara. Dengan adanya sayembara inilah raja hanya menunggu hasil, yaitu menerima kepala Dipati Ukur yang telah dipenggal kelak. Jadi, raja selain sebagai pengirim, juga berfungsi sebagai penerima. Orang yang mendatangi sayembara di Sukapura dari Tanah Batuwangi adalah Eyang Surapati. Dialah yang mengusulkan kepada raja agar Eyang Batuwangi dipanggil untuk mengikuti sayembara. Dalam hal ini Eyang Surapati dapat dikelompokkan sebagai pembantu subjek. Selain Eyang Surapati, Eyang Batuwangi juga dibantu oleh Wira Dadaha yang menyertainya ke Bandung selama tiga bulan. Di Bandung, Eyang Batuwangi pun dibantu oleh seorang lurah dalam menyusun muslihat penyergapan Dipati Ukur. Jadi, Wira Dadaha dan lurah juga dapat dikelompokkan sebagai pembantu.
Satu-satunya fungsi yang menghalangi subjek (Eyang Batuwangi) adalah kesaktian Dipati Ukur. Dalam C-1 dikisahkan bahwa Dipati ukur adalah orang yang gagah dan dapat terbang. Kegagahan Dipati Ukur memaksa Eyang Batuwangi melakukan pengejaran panjang selama tiga bulan di Bandung. Sebelumnya Dipati Ukur lolos dari pertarungan dengannya di Gunung Lumbung.
Penjelasan di atas dapat dirangkum dalam sebuah skema aktan utama sebagai berikut.

pengirim objek penerima
Raja Dipati Ukur Raja


pembantu subjek penentang
Eyang Surapati Batuwangi kesaktian DU
Wira Dadaha
Lurah
Bagan 4.2: skema aktan utama C-1

Skema aktan bawahan adalah lanjutan dari skema aktan utama, yaitu, menggambarkan usaha Eyang Batuwangi merebut haknya yang telah dirampas oleh Wira Dadaha yang licik. Skema aktan bawahan C-1 adalah sebagai berikut.

pengirim objek penerima
Batuwangi Hadiah dari raja Batuwangi


pembantu subjek penentang
Ø Batuwangi para jagoan silat

Bagan 4.3: skema aktan bawahan C-1

Atas karsanya sendiri Eyang Batuwangi datang ke Sukapura. Ia mengetahui bahwa haknya mendapat hadiah yang dijanjikan raja telah dirampas oleh Wira Dadaha. Seharusnya Batuwangi menerima jabatan sebagai imbalan atas keberhasilannya membunuh Dipati Ukur. Dalam hal ini Batuwangi berfungsi sebagai subjek, pengirim, sekaligus penerima, karena Batuwangi berjuang sendiri, atas karsa sendiri, dan ia sendiri yang seharusnya menerima hasil perjuangannya ini. Jadi, objek yang diusahakan oleh subjek dalam skema di atas adalah jabatan yang dijanjukan oleh raja sebagai hadiah atas keberhasilan Eyang Batuwangi memenuhi kesepakatan dalam sayembara.
Dalam usaha mendapatkan haknya, Batuwangi tidak dibantu oleh siapa pun. Maka dalam skema di atas tidak ada fungsi sebagai pembantu. Sebaliknya, Batuwangi sempat dihadang oleh para jagoan silat di kantor pemerintahan Sukapura. Para jagoan silat menghalangi usaha subjek, maka mereka tergolong penentang.

Sementara itu, alur C-1 dapat dijelaskan dengan model fungsional berikut.

I
Situasi awal
II
Transformasi

III
Situasi akhir
Tahap uji kecakapan
Tahap utama
Tahap kegemilangan
Raja menga-
Dakan
Sayem-bara untuk menge-nyahkan Dipati Ukur
· Pertaru-ngan Batuwangi dengan Dipati Ukur di Gunung Lumbung
· Dipati Ukur melemparkan dua ekor kerbau ke arah Batuwangi,
· Tindakan Batuwangi membawa Wira Dadaha.
· Kerja sama dengan lurah untuk menyer-gap Dipati Ukur
· Keberhasilan Batuwangi memenggal kepala Dipati Ukur.
· Tindakan Batuwangi menitipkan kepala Dipati Ukur pada Wira Dadaha.
· Pengkhiana-tan gandek yang mengaku telah membunuh Dipati Ukur
· Kedatangan Batuwangi ke Sukapura untuk menuntut hak-haknya
· Batuwangi tidak menerima haknya menjadi pejabat. Namun, ia memberi semacam kutukan bagi Wira Dadaha: tidak kekal menjadi penguasa, dan keturunannya tidak lestari
Bagan 4.4: model fungsional C-1

Pada tahap situasi awal, diceritakan raja di Sukapura mengalami kesulitan menghadapi Dipati Ukur yang datang ke wilayahnya. Oleh karena, itu raja mengadakan sayembara. Isi sayembara itu adalah siapa saja yang berhasil membunuh Dipati Ukur akan diberi jabatan tinggi.
Selanjutnya pada tahap uji kecakapan, atas usul dari Eyang Surapati, Eyang Batuwangi dipanggil untuk mengikuti sayembara. Akhirnya Batuwangi menyatakan kesanggupannya mengikuti sayembara. Setelah itu berangkatlah Batuwangi mencari Dipati Ukur di Gunung Lumbung. Terjadilah pertarungan hebat di antara keduanya yang melibatkan kesaktian masing-masing. Dipati Ukur melemparkan kerbau betina ke Batuwangi, namun meleset. Kemudian ia melemparkan kerbau jantan, meleset lagi. Sampai di sini Batuwangi belum berhasil melaksanakan tugasnya karena Dipati Ukur melarikan diri ke Bandung.
Barulah pada tahap utama Batuwangi berhasil menjalankan tugasnya. Ia mengajak Wira Dadaha untuk menemaninya dalam pengejaran Dipati Ukur ke Gunung Tikukur, Bandung. Di Bandung Batuwangi menemui lurah. Di rumah lurah ini Batuwangi menyusun siasat untuk melumpuhkan Dipati Ukur. Lurah mau diajak kerja sama oleh Batuwangi. Ia membuat pesta di rumahnya dan mengundang Dipati Ukur untuk turun Gunung. Datanglah Dipati Ukur ke rumah lurah. Dipati Ukur ditangkap dan dilumpuhkan. Setelah itu Dipati Ukur dipenggal kepalanya tanpa banyak perlawanan lagi. Akan tetapi Batuwangi teringat akan keluarganya di Ciudian. Sebelum menghadap raja ia pulang ke kampung halamannya tersebut, sedangkan kepala Dipati Ukur ia titipkan kepada Wira Dadaha.
Pada tahap kegemilangan, Batuwangi dikhianati oleh Wira Dadaha. Saat menghadap raja, Wira Dadaha mengaku bahwa dirinya sendiri yang telah membunuh Dipati Ukur, sedangkan Batuwangi dikabarkannya telah meninggal dunia. Dengan pengakuan yang disertai adanya bukti kepala Dipati Ukur yang ia bawa, Wira Dadaha dinobatkan menjadi bupati di Sukapura. Pada tahap cobaan membawa kegemilangan ini raja sebagai penerima telah menerima hasil dari perjuangan subjek, yaitu kepala Dipati Ukur yang didapatkan oleh Batuwangi. Akan tetapi,di lain pihak Batuwangi tidak mendapatkan haknya menjadi pejabat karena ia dikhianati oleh Wira Dadaha. Oleh karena itu Batuwangi datang menghadap raja.
Pada situasi akhir, Batuwangi tidak menerima haknya menjadi pejabat. Namun, ia memberi semacam kutukan bagi Wira Dadaha dan keturunannya supaya tidak kekal menjadi penguasa, dan keturunannya tidak lestari. Kutukan ini dipercaya oleh masyarakat masih berlaku sampai sekarang. Setiap anak keturunan Wira Dadaha tidak berumur panjang, bahkan banyak yang meninggal pada masa muda.

Nya saurna kieu, “Ama, abdi mah moal nganyenyeri batur, da abdi oge ayeuna nyeri, ngan sakieu weh ayeuna mah, pek weh tuluykeun ku maneh, karunya. Ngan rek nyirian, hiji ulah awet jeneng, dua ulah boga turunan” (paragraf 13).






4.2 Analisis Struktur Cerita 2 (C-2)
4.2.1 Teks C-2
Tah ari lalakona ulah ngadahar sirah hayam teh kieu. Kapungkurna Eyang Batuwangi teh kagungan putra istri, rakana pameget. Jadi geus ti ditu keneh, jadi aya paripaos pameget mah sok kaliwat ku istri, nya. Tapi da teu nanaon ti zaman Kangjeng Nabi Adam oge. Saha we nu tiheula aya milik. Tah cariosna ditikahkeun. Tah tos ditikahkeun, huap lingkung
Ditikahkeuna di Batuwangi teh ceuk sakaol kitu nya, ka ieu, dalem. Ka putra dalem Sukapura ceuk sakaol. Sukapura teh Sukaraja, bawahan Tasik. Dalem kitu nya, sanes karuhun. Tah saparantos ditikahkeun, huap lingkung, ngariung. Ujang, bapana kitu nya, dahuan upamina ieu teh kitu nya, tah lanceuk istri kitu nya, tah keur huap lingkung, ieu teh ngegel, dahuan tea ngegel sirah hayam, mecret ka ieu pamajikanana, upama tea mecret kana susuna. Dirongkong kainya, diusap ku rakana teh bakat ku deudeuh raka ka itu. Diusap ku rakana, lanceuk kitu, ku lanceuk.
Tah ieu teh timuru. “Wah bogoheun dulurna teh”, cenah. Harita keneh di tugel, bess weh ku keris nya. Nunceb. Kabaheulaan mah ieu atuh di beber susuna. Ditubles. Tah kumargi sakitu, alhasil eta teh kulantaran gujrud kitu, teu jadi etana teh. Jadi istrina teh kitunya bungkrak. Tah kitu, jadi sirah hayam teh ku Eyang Batuwangi teh dilarang. Cadu kana sirah hayam, sanes haram (TW 1).



4.2.2 Terjemahan C-2
Nah cerita tidak boleh memakan kepala ayam itu begini. Dulu Eyang Batuwangi mempunyai seorang anak perempuan dan laki-laki kakaknya. Jadi memang sejak dulu biasa seorang laki-laki itu didahului menikah oleh adik perempuannya. Begitulah sejak Zaman Nabi Adam juga, siapa yang mendapat rezeki, menikah lebih dulu. Nah ceritanya dinikahkan dengan acara huap lingkung makan bersama.
Dinikahkan di Batuwangi konon katanya dengan putra dalem Sukapura, katanya. Sukapura itu Sukaraja, daerah Tasik Malaya. Dalem dia itu, bukan nenek moyang. Nah setelah dinikahkan, acara huap lingkung, makan bersama. Anda, Bapaknya, dan saudara ipar umpamanya (membuat setting dengan orang-orang yang hadir dalam wawancara, termasuk penulis), dan kakak si perempuan. Saat acara huap lingkung itulah saudara ipar itu menggingit kepala ayam. Ternyata bagian kepala ayam itu terpercik ke dada pengantin perempuan. Lalu diusap oleh kakaknya.
Ternyata si pengantin laki-laki cemburu, “wah ternyata dia menyukai istri saya” katanya. Waktu itu juga ditusuk dengan keris. “bess!” menancaplah keris itu. Memang zaman dulu itu dada perempuan itu diikat dengan selendang. Nah, oleh karena itu, karena terjadi kekacauan, segalanya menjadi gagal. Begitulah, jadi memakan kepala ayam itu dilarang oleh Eyang Batuwangi, bukan haram.

4.2.3 Latar
Latar yang paling menonjol pada C-2 adalah latar sosial. Sementara itu, latar tempat dan latar waktu tidak banyak diungkapkan. Satu-satunya hal yang menunjukkan latar tempat adalah bahwa pernikahan tersebut dilaksanakan di Tanah Batuwangi. Hal ini sesuai dengan tradisi Sunda, yaitu rumah calon pengantin wanita yang menjadi tuan rumah acara pernikahan.
Bila melihat latar waktu dan latar sosial C-2, waktu itu Eyang Batuwangi masih hidup. Ia sendiri yang menikahkan putrinya. Pada masa itu masih ada sistem pemerintahan dengan penguasa daerah seorang dalem sehingga dalam cerita disebutkan dalem Sukapura. Selain itu C-2 memberi informasi bahwa pada masa itu pernikahan dilakukan dengan adat Sunda yang melakukan acara huap lingkung. Gambaran wanita pada waktu itu diwakili oleh pengantin perempuan yang membungkus tubuhnya dengan selendang, sedangkan laki-laki waktu itu masih biasa membawa keris. Jadi latar waktu dan latar sosial C-2 masih dekat dengan latar C-1.

4.2.4 Tokoh
Tokoh-tokoh C-2 antara lain sebagai berikut.
a. Batuwangi
Identitas Batuwangi pada C-2 sama dengan Batuwangi pada C-1. sebagian masyarakat berpendapat bahwa Eyang Batuwangi adalah asli orang Sunda. Namun sebagian lagi berpendapat bahwa Eyang Batuwangi berasal dari Mataram. Ia termasuk penyiar agama yang datang bersama pasukan Mataram setelah kalah perang di Jayakarta (Jakarta). Di dalam naskah Punika Ikilah Sajarah Batura Terus Bawa dijelaskan sebagai berikut.

Punika carita Batara Terus Bawa atawa Terus Rasa legi sumping ka Batuwangi. Nuli tatapa ing Gunung Batu angkat nama Batara Deugdeug Jaya, tapa ing Pasir Malang, Batara Langlang Buana, tapa ing Gunung Lumbung nama Batara Payung Buwana. Tapa ing Bojong Batara Sangga Buana, tapa ing Sirah Cibatuwangi nama Hurip Buana, tapa ing Sirah Cidangiang nama Batara Cahaya Buana, tapa ing Gunung Cikuray nama Batara Ider Buana. Nuli mulih ka Batuwangi, ka sangkan mulih ngersakeun damel gosali. Lawas-lawas disampeur ku Susunan Batuwangi sarta dipiwarang ngawin putrana anu Larang. Sanggeus kitu teras dikawin Embah Larang. Ari geus kawin disalin nama Prabu Sangadipati. Nuli puputra satunggal nama Santoan Jaba. Ari embah larang nagara wetan. Wasta Santoan Anggari. Puputra Santoan Utama, Santoan Lurah, Santoan Amareja, Demang Sacapati. Garwana di Galuh Nyi Mas Gedung Waringin (Ratu Galuh Pakuan Pajajaran). Meunang putra hiji (ti Galuh) nama Cucuk Yudanagara. Nuli angkat ka Sumedang, ngalap deui garwa nama Nyi Mas Gedung Haris Baya (nyaeta Ibu Ratu Haris Baya anu di Sumedang, di Dayeuh Luhur). Meunang putra hiji (ti ieu teh, Nyi Mas ieu teh, naon Ibu Ratu Haris Baya teh) nama Ngabei Sacanaya (TPN).



Dalam C-2 Batuwangi dikisahkan menikahkan anak perempuannya dengan putra dalem Sukapura. Karena terjadi sebuah prahara yang merenggut korban jiwa, Batuwangi mengeluarkan sumpah serapah agar anak cucunya kelak pantang memakan kepala ayam.

b. Pengantin perempuan
Pengantin perempuan dalam C-2 adalah anak perempuan Batuwangi. Namun penutur tidak menyebutkan nama perempuan tersebut dengan alasan tidak tahu dan lupa. Kuncen pun tidak mengetahui nama perempuan ini karena memang tidak tercantum dalam naskah yang dikuasainya. Anak perempuan Batuwangi ini bersedia menikah meskipun kakaknya yang laki-laki belum menikah. Jadi ia mendahului kakaknya. Keterangan ini dapat dilihat dalam kutipan berikut.

“Kapungkurna Eyang Batuwangi teh kagungan putra istri, rakana pameget. Jadi geus ti ditu keneh, jadi aya paripaos pameget mah sok kaliwat ku istri, nya. Tapi da teu nanaon ti zaman Kangjeng Nabi Adam oge” (paragraf 1).

Dalam beberapa kasus, banyak masyarakat Sunda yang memandang negatif pada seorang anak yang menikah lebih dulu daripada kakaknya. Tindakan tersebut lazim disebut ngarunghal. Dalam hal ini, C-2 juga menolak nilai budaya ngarunghal sebagai tindakan yang negatif.


c. Anak laki-laki Batuwangi
Anak laki-laki Batuwangi ini adalah kakak dari pengantin perempuan. Sama halnya dengan terhadap adiknya, penutur tidak mengetahui sama sekali nama dan keterangan lain mengenai tokoh ini. Namun melalui C-2 kita dapat mengetahui bahwa ia adalah seorang kakak yang sangat menyayangi adiknya. Dengan alasan sangat menyayangi adiknya, ia menyeka bagian kepala ayam yang menempel di dada adiknya. Namun tindakan ini disalah artikan oleh saudara iparnya.

d. Pengantin laki-laki
Pengantin laki-laki adalah anak Dalem Sukapura. Dia adalah pemuda yang pencemburu dan tanpa perhitungan. Dalam C-2 diceritakan, …tah ieu teh timuru. “Wah bogoheun dulurna teh”, cenah. Harita keneh ditugel, bess weh ku keris nya. Nunceb (paragraf 3).

4.2.5 Skema Aktan dan Model Fungsional
C-2 menceritakan sebuah prahara dalam pesta pernikahan. Rangkaian peristiwa dan keterlibatan tokoh dalam C-2 dapat dijelaskan melalui skema aktan dan model fungsional berikut.




pengirim objek penerima
Batuwangi kehidupan keluarga pengantin laki-laki
yang bahagia dan pengantin wanita


pembantu subjek penentang
Ø pengantin laki-laki kecemburuan
dan pengantin wanita pengantin laki-laki

Bagan 4.5: skema aktan C-2

Batuwangi menikahkan putrinya dengan putra dalem Sukapura. Oleh karena itu dalam C-2 Batuwangi berfungsi sebagai pengirim. Subjek yang menjalankan pernikahan adalah tentu saja calon pengantin perempuan dan calon pengantin laki-laki, yaitu putri Batuwangi dan putra dalem Sukapura. Tujuan yang menjadi objek dalam skema aktan C-2 adalah kehidupan keluarga yang bahagia. Tujuan tersebut selaras dengan tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah pernikahan, yaitu membentuk keluarga yang sakinah, mawadah, dan warrahmah.
Dalam C-2 tidak diceritakan adanya fungsi pembantu yang memuluskan usaha subjek mendapatkan objek. Sebaliknya, muncul sebuah halangan yang mengakibatkan kegagalan pernikahan. Kecemburuan putra dalem Sukapura yang berlebihan mengakibatkan terjadinya prahara yang merenggut nyawa. Akhirnya, subjek sekaligus penerima, yaitu pengantin laki-laki dan pengantin perempuan tidak sempat mengalami kebahagiaan hidup berkeluarga.
Untuk lebih jelasnya, alur C-2 akan dijelaskan kembali dalam struktur alur dalam model fungsional C-2 berikut ini.


I
Situasi awal
II
Transformasi

III
Situasi akhir
Tahap uji kecakapan
Tahap utama
Tahap kegemilangan
Batuwangi menikahkan putrinya dengan putra dalem Sukapura
acara huap lingkung dalam pesta pernikahan
Saudara ipar menyeka bagian kepala ayam yang ia gigit dan terpercik pada dada pengantin perempuan
Pengantin laki-laki membunuh saudara iparnya.


· Pernikahan yang telah terjadi tidak dapat dilanjutkan karena kedua pengantin meninggal dunia.
· Batuwangi melarang keturunannya memakan kepala ayam
Bagan 4.6: model fungsional C-2

Situasi awal C-2 menunjukkan adanya harmoni yang belum ada tanda-tanda yang mengancam keseimbangan. Batuwangi menikahkan puterinya dengan putra dalem Sukapura. Tahap uji kecakapan terjadi pada acara pernikahan. Setelah akad nikah selesai, pada pernikahan adat Sunda biasa diadakan acara huap lingkung. Dalam acara huap lingkung ini biasanya pengantin memakan ayam bakar (bakakak hayam).
Kemudian, pada tahap cobaan utama, muncul kecemburuan yang sangat besar dan keterlaluan pada hati pengantin laki-laki. Ia cemburu melihat kakak iparnya menyeka bagian kepala ayam yang memerciki dada istrinya sendiri. Akhirnya pada tahap kegemilangan pengantin laki-laki membunuh kakak iparnya, yaitu kakak dari istrinya sendiri.
Pada situasi akhir, tujuan menciptakan sebuah kehidupan keluarga yang bahagia tidak dapat tercapai. Kedua pengantin telah meninggal dunia. Sebagai akibat dari peristiwa ini, Eyang Batuwangi mengeluarkan sumpah serapah bahwa dia dan semua keturunannya kelak pantang (cadu) makan kepala ayam.
Sumpah tersebut menunjukkan bahwa Eyang Batuwangi sebagai penyebar islam di wilayahnya tidak mengubah atau merusak tatanan sosial budaya yang telah ada. Akan tetapi, Eyang Batuwangi telah menambah sebuah aturan yang menjadi budaya. Eyang batuwangi tidak melarang adanya acara huap lingkung dalam acara pernikahan keturunannya. Acara tersebut memang dinilai penuh dengan makna simbolik oleh masyarakat Sunda pada umumnya. Acara huap lingkung adalah sebuah bagian dalam rangkaian upacara pernikahan adat Sunda yang mempunyai makna simbolis kehidupan suami istri yang harmonis, saling mencintai, saling merindukan dan sebagainya (Bratawidjaja, 2002: 54).




4.3 Analisis Struktur Cerita 3 (C-3)
4.3.1 Teks C-3
Cenah aya nu nyerang, nu gagah ti Tasik teh ngirimkeun gunung ka dieu. Nya aya nu ngawartosan, “itu gunung nyurungkuy ka dieu,” cenah.
“wah dek nyerang ka dieu.”
Nya Anjeuna ngiringkeun batu, ngeungkeuy weh batu rek ngaduan gunung ka ditu. Gunung ningali batu ngeungkeuy, teu sanggupeun gunung ngarumpak kana batu. Atuh stop weh, murungkut. Di-stop weh batu teh.
Dugi ka ayeuna di Batuwangi teh taringgul batu. Eta teh tilasna ngalawan Gunung Murungkut. Gunung Murungkut teh kiduleun Gunung Lumbung (TW 3).


4.3.2 Terjemahan C-3
Katanya ada yang menyerang, seseorang yang gagah dari Tasik mengirimkan gunung ke sini. Kemudian ada yang memberi tahu, “itu ada gunung meluncur ke sini”, katanya.
“wah ada penyerangan ke sini”.
Lalu Beliau (Batuwangi) menggiring batu. Berbondong-bondonglah batu akan menghadapi gunung. Melihat batu yang banyak, gunung tidak berani menabrak batu. Lalu gunung berhenti dan murungkut (mengerut). Akhirnya gunung dapat dihentikan.
Sampai sekarang di Batuwangi itu bergelimpangan batu. Batu-batu itu bekas melawan Gunung Murungkut. Gunung Murungkut itu sebelah selatan Gunung Lumbung.


4.3.3 Latar
Latar tempat dalam C-3 berkisar antara daerah tasik Malaya hingga Batuwangi. Dari Tasik Malaya seorang yang gagah mengirim Gunung ke Batuwangi. Sebaliknya dari arah Batuwangi, Eyang Batuwangi mengangkat batu-batu untuk menghalangi gunung. Akibatnya gunung yang meluncur bewrhenti di sebelah selatan Gunung Lumbung, sedangkan batu-batu yang diangkat Batuwangi kini bergelimpangan di sekitar makam Batuwangi.
Latar waktu sama sekali tidak disebutkan secara spesifik. Yang pasti pada masa itu Eyang Batuwangi masih hidup. Dari C-3 kita juga dapat mengetahui bahwa pada saat itu manusia memiliki kehebatan yang luar biasa sehingga bisa mengendalikan gunung dan batu-batu. Bagian awal C-3 menunjukkan bahwa pada waktu itu di batuwangi telah ada kelompok masyarakat, buktinya ketika ada gunung yang meluncur, ada seseorang yang memberitahu Batuwangi. Hal ini tampak pada paragraf pertama, …ti Tasik teh ngirimkeun gunung ka dieu. Nya aya nu ngawartosan, “itu gunung nyurungkuy ka dieu,” cenah.

4.3.4 Tokoh
Tokoh-tokoh C-3 antara lain:
a. Seseorang yang gagah dari Tasik Malaya
Seseorang ini tidak dijelaskan identitasnya. Penutur hanya mengetahui bahwa seseorang ini mempunyai kesaktian yang sangat tinggi sehingga dapat mengendalikan sebuah gunung. Dalam C-3, seseorang yang gagah dari Tasik Malaya ini adalah seorang musuh yang ingin menyerang tanah Batuwangi.

b. Pembawa berita
Pembawa berita juga tidak dikatakan identitasnya. Ia memberitahu Eyang Batuwangi bahwa pada saat itu ada penyerangan dari Tasik berupa kedatangan sebuah gunung. Melihat konteks C-3, pembawa berita merupakan perwakilan dari masyarakat Batuwangi yang hidup pada saat itu.

c. Eyang Batuwangi
Eyang Batuwangi tinggal di tanah Batuwangi. Ia adalah orang yang sakti, sehingga ketika ada gunung yang datang, seseorang memberitahukan masalah ini kepadanya, dan bukan kepada orang lain. Dalam C-3 dapat diketahui bahwa Eyang Batuwangi merupakan seseorang yang dapat diandalkan untuk menyelesaikan permasalahan di tanah Batuwangi.







4.3.5 Skema Aktan dan Model Fungsional

pengirim objek penerima
Masyarakat Batuwangi Kedamaian dan Masyarakat Batuwangi
ketentraman tanah Batuwangi

pembantu subjek penentang
Pembawa berita Eyang Batuwangi Seseorang yang sakti
dari Tasik Malaya

Bagan 4.7 : skema aktan C-3

Setiap masyarakat ingin mempertahankan kedamaian dan ketentraman daerahnya. Demikian juga dengan masyarakat Batuwangi pada C-3. Oleh karena itu masyarakat Batuwangi berfungsi sebagai pengirim sekaligus penerima, karena kedamaian dan ketentraman daerah merupakanhak-haknya. Eyang Batuwangi merupakan seseorang yang mempunyai jiwa pemimpin dan tanggungjawab yang besar. Maka ia (subjek) menegakkan kedamaian daerahnya dengan melakukan perlawanan terhadap serangan dari Tasik.
Seorang warga (pembantu) memberitahukan kedatangan gunung yang akan menimpa tanah Batuwangi. Seseorang yang sakti dari tasik Malaya menyerang tanah Batuwangi dengan sebuah gunung. Oleh karena itu ia berfungsi sebagai penentang dalam skema aktan karena ia merusak harmoni yang sedang berlangsung di Batuwangi.
Alur C-3 dijelaskan dalam model fungsional berikut.

I
Situasi awal
II
Transformasi

III
Situasi akhir
Tahap uji kecakapan
Tahap utama
Tahap kegemilangan
Harmoni di tanah Batuwangi
Penyerangan yang dilakukan orang sakti dari Tasik Malaya


____


____
Kembali harmoni, muncul pasir Murungkut dan batu-batu bergelimpangan
di tanah Batuwangi
Bagan 4.8: model fungsional C-3

Pada situasi awal, belum ada kejadian apa-apa di Tanah Batuwangi. Pada waktu itu tidak diceritakan ada huru-hara ataupun perang.
Pada tahap uji kecakapan, terjadi penyerangan ke tanah Batuwangi. Seseorang yang sangat sakti mendorong sebuah gunung untuk ditimpakan ke tanah Batuwangi. Kemudian seseorang memberitakan penyerangan ini kepada Eyang Batuwangi. Mengetahui adanya penyerangan seperti itu, Eyang Batuwangi pun menggunakan kesaktiannya. Ia mengangkat batu-batu di sungai Ciudian. Batu-batu beterbangan dan melaju untuk menahan gunung. Melihat batu-batu yang beterbangan trersebut, gunung yang sedang melaju mendadak berhenti.
Pada C-3 tidak ada tahap utama dan tahap kemilangan karena penyerangan telah berhasil dihentikan. Setelah penyerangan tersebut tidak terjadi lagi penyerangan. Sebagai hasilnya, pada situasi akhir, gunung yang mendadak berhenti tadi menjadi mengkerut karena berhenti mendadak. Gunung tersebut kemudian disebut Pasir Murungkut, letaknya di sebelah selatan Gunung Lumbung. Selain munculnya Pasir Murungkut, batu-batu yang tadinya digunakan untuk menahan gunung oleh Eyang Batuwangi, kini bergelimpangan di Desa Ciudian, sekitar makam Batuwangi.

4.4 Analisis Struktur Cerita 4 (C-4)
4.4.1 Teks C-4
Di dieu teh aya Gagayunan. SD Gagayunan ayeuna. Eta peristiwa Eyang BW waktos perang. Perang sareng musuh di Gagayunan tea. Diudag musuh mantena mah sanes lumpat, tapi shalat dua rakaat. Saatos Patihah Idzazulzilah sareng Waladiatu rakaat kadua. Rakaat kahiji Idzazulzilah, rakaat kadua Waladiatu susuratanana. Ngadua ka Allah. Atuh saatosna shalat eta dua rakaat shalat tasbeh. Saatos shalat tasbeh ngadu’a, nyaeta eta du’ana, hasbiyallah wani’mal wakil, ni’mal maula wani’man nasir Subhanallah mil ul mizan… Ya Allah salametkeun tina udagan musuh. Genjlog, muhun janten embel. Janten gagayunan, taneuh gagayunan. Disebut Gagayunan.
Mantena mah tos caket ka Allah. Ma’rifat ka Allah, waliyullah, kakasihna Gusti Allah, tiasa diizabah. Numawi dina ziarah oge ngadua di tempat anu dimulyakeun ku Allah (TW 4).




4.4.2 Terjemahan C-4
Di sini ada yang namanya Gagayunan, SD Gagayunan yang sekarang. Itu peristiwanya waktu Eyang Batuwangi perang. Perangnya dengan musuh di Gagayunan. Ketika dikejar musuh, beliau tidak lari, tapi shalat dua rakaat. Setelah AlFatihah beliau membaca Idzazulzilah dan Waladiatu rakaat kedua. Rakaat pertama Idzazulzilah, rakaat kedua Waladiatu suratnya. Berdoa kepada Allah setelah shalat tasbih dua rakaat. Doanya hasbiyallah wani’mal wakil, ni’mal maula wani’man nasir Subhanallah mil ul mizan… Ya Allah selamatkanlah saya dari kejaran musuh. Tanah pun jadi labil, jadi embel (Lumpur yang bisa menghisap sesuatu yang jatuh di atasnya). Jadi tanahnya Gagayunan (bergoyang-goyang). Sejak itu disebutlah Gagayunan.
Beliau memang sudah dekat kepada Allah, sudah ma’rifat kepada Allah, waliyullah, kekasih allah, jadi dikabulkanlah doanya. Oleh karena itu, ziarah pun dilakukan dengan cara berdoa di tempat yang dimuliakan Allah.

4.4.3 Latar
C-4 yang singkat ini hanya mengungkapkan sebuah nama tempat, yaitu, Gagayunan. Di atas tempat tersebut saat ini berdiri sebuah bangunan sekolah dasar yang dinamai SD Gagayunan. Tempat itu berada di Desa Ciudian, tepatnya di sebelah barat balai desa Ciudian.
Latar waktu dan latar sosial pada saat itu adalah situasi perang. Eyang Batuwangi dikejar-kejar musuh. Pada C-4 juga diceritakan bahwa manusia (khususnya Eyang Batuwangi) pada waktu itu ma’rifat kepada Allah, sehingga doanya sangat cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

4.4.4 Tokoh
Hanya ada dua tokoh dalam C-4, yaitu Batuwangi dan musuh yang mengejarnya. Batuwangi adalah orang yang sama seperti dibahas pada cerita-cerita sebelumnya. Selain itu, C-4 menunjukkan anggapan sebagian masyarakat terhadap Eyang Batuwangi sebagai seorang wali. Hal ini diungkapkan dalam C-4, “Mantena mah tos caket ka Allah. Ma’rifat ka Allah, waliyullah, kakasihna Gusti Allah, tiasa diizabah. Numawi dina ziarah oge ngadua di tempat anu dimulyakeun ku Allah” (paragraf 3). Sementara itu, musuh yang mengejarnya tidak diidentifikasi dengan jelas. Penutur tidak menjelaskan identitas musuh yang mengejar Eyang Batuwangi.

4.4.5 Skema Aktan dan Model Fungsional
Dalam C-4, Batuwangi sebagai subjek berusaha untuk menyelamatkan diri (objek). Batuwangi pun menjadi pengirim sekaligus penerima. C-4 tidak menceritakan apa yang menyebabkan Batuwangi dikejar musuh. Di sisi lain, keselamatan diri adalah tujuan yang ingin dicapainya. Jadi ia adalah penerima yang harus mendapatkan keselamatan tersebut.
Musuh (penentang) mengejarnya sampai ke Gagayunan. Dalam keadaan terdesak, Batuwangi mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Kedekatannya dengan Allah memudahkan doanya cepat dikabulkan. C-4 dapat digambarkan dalam skema aktan dan bagan fungsional berikut.

pengirim objek penerima
Batuwangi keselamatan diri Batuwangi


pembantu subjek penentang
Kedekatan Batuwangi Batuwangi pengejaran musuh
denganAllah
Bagan 4.9: skema aktan C-4

Selanjutnya, skema aktan di atas diperjelas dalam model fungsional berikut.

I
Situasi awal
II
Transformasi

III
Situasi akhir
Tahap uji kecakapan
Tahap utama
Tahap kegemilangan
Keadaan perang
Pengejaran yang dilakuan oleh musuh di suatu tempat

____


____
Tempat pengejaran tersebut menjadi embel, sehingga musuh tidak dapat mengejar lagi
Bagan 4.10: model fungsional C-4
Pada situasi awal, dikisahkan bahwa waktu itu sedang terjadi perang. Batuwangi terlibat dalam perang tersebut. Pada tahap uji kecakapan, ia dikejar-kejar musuh. Sampailah pada suatu tempat di sekitar Ciudian. Di tempat tersebut Batuwangi menyempatkan diri melakukan shalat hajat. Dalam shalatnya ia membaca Surat Al Zalzalah pada rakaat pertama dan surat Al Adiat pada rakaat kedua. Kemudian ia berdoa untuk keselamatn dirinya. Akhirnya pada situasi akhir, tanah di sekitar menjadi embel, yaitu Lumpur yang berguncang (labil) dan dapat menghisap orang yang masuk ke dalamnya. Batuwangi dapat menyelamatkan dirinya.
Ternyata, kejadian pengejaran dan situasi akhir erat kaitannya dengan surat (ayat) Al Quran yang dibaca oleh Batuwangi. Dalam tafsir Al Alyy, Alquran dan Terjemahnya (2000: 480-481), surat Al Zalzalah berarti guncangan yang dahsyat, sedangkan surat Al Adiyat berarti kuda perang yang berlari kencang. Surat Al Zalzalah menngisahkan kejadian bumi yang berguncang dan hari pembalasan. Sementara itu surat Al Adiyat mengisahkan kuda perang yang berlari kencang dan menyerbu dengan berani dalam pertempuran, serta keadaan manusia yang ingkar dan bakhil, padahal Allah maha mengetahui. Guncangan bumi erat kaitannya dengan kejadian tanah tempat pengejaran menjadi embel yang labil, sedangkan kuda perang yang berlari kencang erat kaitannya dengan pengejaran itu sendiri.




4.5 Analisis Struktur Cerita 5 (C-5)
4.5.1 Teks Cerita 5 (C-5)
Tah ayeuna aya kapiderek cenah kitu ka Eyang Batuwangi, Eyang Sembah Ibu Purbakawasa nu aya di Ciwindu.
“Tah ayeuna maneh mapay wahangan Ciudian, jig mapay kaitu, di mana wae maneh mogokna.”
Indit weh caritana kitu tah malahan mah aya di dinya nu kasebut Leuwi Garasay. Datang ka dinya cenah ceuk paribasa tea mah eta teh Eyang Sembah Ibu teh kapiderek, putra saderek, euh jadi naon ari kitu halabhab.
“Cik, jang!”, da nyandak rencang cenah sabaraha hiji, tilu cenah rencangna teh. “Nyiar kadinya tah keur ubar lapar!”. Datang ka Leuwi Garasay. Jol teh mawa sangu poe, ti garasay teh.
“Ayeuna urang landi weh”, cenah, “ieu lembur urang landi Lembur Garasay”. Barangsay, Garasay.
Bet deui nepi ka itu, “meureun semet dieu urang teh. Ngan seret dieu urang teh”. Terus weh nuku umpamana ku halu. Ti dieu ka dieu satumbak, cle! pupus weh (TW 1).


4.5.2 Terjemahan C-5
Nah, ada juga yang punya ikatan saudara dengan Eyang Batuwangi, yaitu Eyang Sembah Ibu Purbakawasa yang berada di Ciwindu.
“nah, sekarang pergilah kamu menyusuri Sungai Ciudian. Pergilah menelusurinya, di mana pun kamu mogoknya.”
Pergilah mereka. Di sana (di perjalanan) ada yang disebut Leuwi Garasay. Datang ke sana dulunya Eyang Sembah Ibu yang merupakan saudara atau anak saudaranya itu kehausan.
“Coba, Nak!” waktu itu dia membawa beberapa anak buah, tiga orang anak buah. “coba cari ke sana untuk obat lapar!”. Datang (anak buahnya) ke Leuwi Garasay. Datanglah dia membawa nasi dingin sisa hari kemarin.
“Sekarang kita sebut saja” katanya, “kampung ini kita sebut Kampung Garasay”. Karena nasi ‘barangsay’ (kasar) jadi Garasay.
Pergi lagi sampai ke sana. “mungkin sampai di sinilah kita, kita hanya sampai di sini.” Kemudian dia ‘nuku’ (membuat petak tanah) misalnya dengan alu, dari sini ke sini setumbak (± 4 m2), cle! Lalu meninggal.

4.5.3 Latar
Latar tempat dalam C-5 terbentang di sepanjang sungai Ciudian, antara Ciudian sampai Ciwindu. Perjalanan tersebut rupa-rupanya menuju ke hulu karena sungai Ciudian mengalir dari arah Ciwindu. Sembah Ibu Purbakawasa berasal dari tanah Batuwangi di Ciudian. Di Tanah Batuwangi ia mendapat perintah untuk menyusuri sungai Ciudian ke hulu. Di perjalanan ia singgah di sebuah kampung dekat leuwi, yaitu lubuk yang cukup dalam di sungai. Kampung tersebut kini dikenal dengan nama kampung Garasay. Letak Garasay adalah di desa Bojong Kecamatan Banjarwangi atau kurang lebih 4 KM sebelah barat Ciudian. Sementara itu, Ciwindu yang menjadi akhir cerita, letaknya kurang lebih 6 KM sebelah barat Garasay. Jadi perjalanan yang dilakukan oleh Eyang Ibu Purbakawasa kira-kira sepanjang 10 KM ke arah barat.
Pada waktu berlangsungnya peristiwa C-5, Eyang Batuwangi masih hidup. Jadi C-5 masih berlangsung pada masa yang tidak jauh berbeda dengan cerita-cerita lainnya. Pada C-5 juga diceritakan bahwa waktu itu belum ada alat ukur yang digunakan secara khusus. Sembah Ibu mengukur tanah dengan halu (alu, batang kayu untuk menumbuk padi). Sedangkan satuan ukur yang dipakai adalah tumbak, bukannya meter atau sentimeter.

4.5.4 Tokoh
Tokoh-tokoh dalam C-5 di antaranya adalah:
a. Eyang Batuwangi
Eyang Batuwangi tinggal di Tanah Batuwangi, Ciudian. Eyang Batuwangi adalah saudara Eyang Sembah Ibu. Selain itu, ia juga mempunyai pengaruh yang sangat besar sebagai penyebar agama ataupun sebagai seorang tokoh masyarakat. buktinya ia memerintahkan Eyang Sembah Ibu untuk menyusuri sungai Ciudian ke arah hulu. Perintah ini dituruti oleh Eyang Sembah Ibu.

b. Eyang Sembah Ibu
Nama lengkapnya adalah Eyang Sembah Ibu Purbakwasa. Ia adalah seorang perempuan yang masih kerabat Eyang Batuwangi, namun penutur tidak mengetahui hubungan kekerabatan yang sebenarnya dengan Eyang Batuwangi. Eyang Sembah Ibu Purbakawasa dikenal oleh masyarakat sebagai orang keramat yang dimakamkan di Ciwindu. Sebenarnya makam yang dimaksudkan hanyalah sebuah ciri tempatnya menghilang (ngahiang). Sampai sekarang makam tersebut dikeramatkan oleh masyarakat.


c. Tiga orang pengawal Eyang Sembah Ibu
Dalam perjalanannya Eyang Sembah Ibu ditemani oleh tiga orang pengawal. Dari tuturan C-5 dapat diketahui bahwa pengawal tersebut laki-laki.

“Cik, jang!” da nyandak rencang cenah sabaraha hiji, tilu cenah rencangna teh. “Nyiar kadinya tah keur ubar lapar!” Datang ka Leuwi Garasay. Jol teh mawa sangu poe, ti garasay teh (paragraf 4).


4.5.5 Skema Aktan dan Model Fungsional
C-5 mengisahkan sebuah proses inisiasi yang dialami oleh Eyang Sembah Ibu. C-5 dapat digambarkan dalam skema aktan berikut.

pengirim objek penerima
Batuwangi kesejatian Eyang Sembah Ibu


pembantu subjek penentang
tiga orang pengawal Eyang Sembah Ibu rasa lapar dan haus

Bagan 4.11: skema aktan C-5

Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit, C-5 mengisahkan perjalanan menuju kesejatian. Hal ini dapat dikatakan sebagai sebuah tahap akhir dari proses inisiasi yang dialami oleh Eyang Sembah Ibu Purbakawasa. Perjalanan yang dilakukan diakhiri dengan kejadian meninggalnya Eyang Sembah Ibu. Namun ia meninggal dengan cara yang istimewa, yaitu menciptakan kuburnya sendiri, meskipun ia tidak menggali tanah. Kematian yang seperti ini merupakan sebuah symbol dari pencapaian kesejatian. Oleh karena itu, objek dalam aktan C-5 adalah kesejatian.
Sebagai subjek, Eyang Sembah Ibu mencari kesejatian tersebut berdasarkan perintah dari Eyang Batuwangi (Pengirim). Eyang Sembah Ibu juga mendapatkan kesejatian tersebut untuk dirinya sendiri, jadi Eyang Sembah Ibu juga berfungsi sebagai penerima.
Selama perjalanannya, ia mengalami rasa haus dan lapar, yaitu ketika sampai di Leuwi Garasay. Rasa haus dan lapar (penentang) setidaknya menunda perjalanan Eyang Embah Ibu untuk beristirahat sejenak. Dalam mengatasi rasa haus dan laparnya ini, Eyang Sembah Ibu menyuruh anak buahnya untuk mencari makanan dan minuman ke sebuah kampung di dekat sungai. Anak buahnya ini bertindak sebagai pembantu.
Selanjutnya, struktur alur C-5 dapat diuraikan dalam model fungsional berikut.




I
Situasi awal
II
Transformasi

III
Situasi akhir
Tahap uji kecakapan
Tahap utama
Tahap kegemilangan
Sebuah perjalanan
Rasa haus dan lapar ketika Eyang Sembah Ibu sampai di Leuwi Garasay.

____

_____
Eyang Sembah Ibu berhasil mencapai kesejatian tersebut di Ciwindu.

Bagan 4.12: model fungsional C-5

Situasi awal cerita adalah perjalanan yang sedang dilakukan oleh Eyang Sembah Ibu Purbakawasa. Ia melakukan perjalanan ini atas perintah Eyang Batuwangi. Tahap uji kecakapan dialaminya ketika ia merasakan haus dan lapar di sekitar leuwi Garasay. Rasa haus dan lapar dapat diatasi dengan cara menyuruh anak buahnya mencari makanan dan minuman ke sebuah kampung di dekat sungai. Namun yang ia dapatkan adalah nasi barangsay, yaitu nasi yang mulai kering dan kasar. Peristiwa ini diabadikan oleh Eyang Sembah Ibu dengan menamai kampung tersebut Garasay. Setelah mengalami uji kecakapan, Eyang Sembah Ibu tidak lagi mendapatkan halangan di perjalanannya sampai di Ciwindu. Oleh karena itu dalam bagan fungsional C-5 tidak ada tahap utama dan tahap kegemilangan.

4. 6 Hasil Analsis Struktur dan Pembahasan
Dari lima cerita yang dianalisis, dapat ditemukan enam skema aktan dan lima bagan fungsional. Dalam skema aktan, Eyang Batuwangi menempati fungsi dan peran yang berbeda-beda dalam setiap cerita. Namun yang pasti Eyang Batuwangi selalu hadir dalam skema aktan dengan distribusi fungsi sebagai berikut:
a. sebagai pengirim sebanyak empat kali (pada C-1, C-2, C-4. dan C-5),
b. sebagai penerima sebanyak dua kali (pada C-1 dan C-4), dan
c. sebagai subjek sebanyak empat kali (pada aktan utama C-1, aktan bawahan C-1, C-2, C-3, dan C-4).
Didtribusi fungsi di atas menunjukkan bahwa Eyang Batuwangi telah banyak berjasa terhadap masyarakat Batuwangi. Dia lebih sering memberi karsa, ataupun menjadi pelaku aktif, daripada sebagai penerima. Selain itu, dalam fungsinya sebagai penerima Eyang Batuwangi gagal mendapatkan hak-haknya seperti pada C-1 ketika dia gagal menjadi pejabat tinggi sebagai imbalan keberhasilannya membunuh Dipati Ukur. Hal ini juga membentuk paradigma yang serba positif dari masyarakat tentang Eyang Batuwangi sebagai nenek moyang mereka.
Pada umumnya, struktur CCB tidak terlalu rumit karena memang cerita-ceritanya relatif pendek. C-1 merupakan cerita yang paling panjang di antara seluruhnya. Perlu diketahui bahwa C-1 mempunyai banyak kemiripan dengan salah satu analisis Ekajati dalam Ceritera Dipati Ukur Karya Sastra Sejarah Sunda (1982). Cerita yang mempunyai beberapa motif yang sama dengan C-1 dapat dilihat dalam analisis tentang Babad Sumedang yang ditulis oleh R.A.A Martanagara tahun 1920 berdasarkan tradisi lisan di Sumedang dan sukapura. Untuk menunjukan kemiripan dengan C-1 berikut adalah bagian yang dimaksud:
Dipati Ukur dianggap lari dari perang melawan Belanda di Jakarta. Kemudian Sultan Agung mengadakan sayembara melalui panembahan Sumedang untuk menangkap atau membunuh Dipati Ukur. Entol Wirawangsa, Umbul Sukakerta (nama lain Sukapura) memenangkan sayembara. Entol Wirawangsa mencari Dipati Ukur bersama Astamanggala, Kuwu Cihaur Beuti. Akhirnya Wirawangsa berhasil memenggal kepala Dipati Ukur di Gunung Lumbung. Keduanya menghadap Panembahan Sumedang kemudian pergi ke Mataram. Di perjalanan Wirawangsa menyerahkan kepala Dipati Ukur kepada Astamanggala. Astamanggala sampai di Mataram dan mengaku bahwa dia sendiri yang membunuh Dipati Ukur. Atas jasanya Astamanggala diangkat menjadi Bupati Ukur.
Merasa dirinya ditipu, Wirawangsa kembali menghadap panembahan Sumedang. Kemudian ia membawa surat dari Panembahan Sumedang menghadap Sultan Agung. Akhirnya Wirawangsa diangkat menjadi bupati Sukakerta dengan gelar Wira Dadaha (Ekajati, 1982: 181-182).

Wirawangsa mempunyai peran yang sama dengan Batuwangi. Akan tetapi bukan berarti Wirawangsa dan Batuwangi merupakan tokoh yang sama. Persamaannya adalah 1) Wirawangsa berasal dari Sukakerta yang tidak lain merupakan nama lain Sukapura. 2) Ia dibantu oleh seseorang (Astamanggala) yang kemudian mengkhianatinya. 3) Ia membunuh Dipati Ukur dengan cara memenggal kepalanya, dan 4) Ia juga menitipkan kepala Dipati Ukur kepada seseorang. Sedangkan perbedaaannya adalah 1) Wirawangsa membunuh Dipati Ukur di Gunung Lumbung, bukan di Bandung, 2) Batuwangi dibantu oleh seorang gandek, sedangkan Wirawangsa dibantu oleh seorang kuwu, 3) C-1 tidak menyebut-nyebut keterlibatan Panembahan Sumedang, sedangkan penggalan di atas menunjukkan pentingnya peran Panembahan. 4) Kepala Dipati Ukur diserahkan kepada Sultan Agung di Mataram, sedangkan dalam C-1 diceritakan raja berkedudukan di Sukapura, dan 5) Wirawangsa akhirnya diangkat menjadi Bupati dengan gelar Wira Dadaha, sedangkan dalam C-1 yang mendapatkan gelar dan jabatan ini justru gandek.
C-2 pernah dipublikasikan dalam Tjerita Rakjat Djilid IV (1968: 85-86) dengan judul Asal Mula Pantangan Wanita Makan Kepala Ajam (Tjerita Rakjat dari Garut Djawa Barat, Ditjeritakan Kembali oleh Soepanto). Struktur cerita dalam buku tersebut kurang-lebih sama dengan C-2. Perbedaannya adalah pada C-2, pengantin perempuan memiliki kakak laki-laki, sedangkan dalam buku tersebut laki-laki yang terbunuh ini adalah adik dari pengantin perempuan.
Sementara itu, C-3, C-4 dan C-5 hanya didapatkan dari penutur di lapangan. Dalam hal ini, C-1, C-2 dan C-3 lebih bersifat lokal, yaitu menceritakan kisah Batuwangi dalam latar termpat yang lebih sempit, yakni sebuah kampung atau sebuah desa.
Berdasarkan analisis struktur, CCB dapat diklasifikasikan sebagai legenda. Kesimpulan ini diambil berdasarkan karakteristik dasar sebuah legenda yang meliputi ciri-ciri latar, tokoh, dan jalannya cerita. Selanjutnya, berdasarkan tindakan-tindakan tokohnya, masing masing lagenda masih dapat dikategorikan ke dalam legenda pembangun masyarakat dan budaya, serta legenda penyebar agama Islam.

Cerita
Latar
Tokoh
Peristiwa
klasifikasi
Waktu
Tempat



C-1
±1625-1630 M
Tanah Batuwangi Gunung Lumbung, Sukapura, Bandung.
Eyang Batuwangi, Eyang Surapati, Dipati Ukur, Raja, Lurah dan Wira Dadaha
Eyang Batuwangi membunuh Dipati Ukur.
legenda pembangun masyarakat dan budaya






C-2
dalam masa hidup Eyang Batuwa-ngi





Tanah Batuwangi
Eyang Batuwangi, Pengantin wanita dan kakak laki-lakinya (anak Batuwangi), serta pengantin laki-laki (anak dalem Sukapura)
Batuwangi menikahkan puterinya. Dari kisah ini Eyang Batuwangi melarang keturunannya memakan kepala ayam
legenda pembangun masyarakat dan budaya



C-3
dalam masa hidup Eyang Batuwa-ngi
Di antara Tasik Malaya sampai tanah Batuwangi
Eyang Batuwangi, orang sakti dari Tasik Malaya, seorang pembawa berita
Munculnya Pasir Murungkut dan batu-batu bergelimpangan di Tanah Batuwangi
legenda pembangun masyarakat dan budaya







C-4
Pada waktu perang
Di Gagayunan Desa Ciudian
Eyang Batuwangi dan musuh yang mengejar
Tanah menjadi embel setelah Eyang Batuwangi membaca surat Al Zalzalah dan Al Adiat dalam shalat hajatnya.
Legenda penyebar agama Islam sekaligus legenda pembangun masyarakat dan budaya



C-5
dalam masa hidup Eyang Batuwa-ngi
Batuwangi, Garasay, dan Ciwindu
Eyang Batuwangi, Eyang Sembah Ibu Purbakawasa, dan tiga orang pengawal
Penamaan Kampung Garasay dan meninggalnya Eyang Sembah Ibu secara istimewa
legenda pembangun masyarakat dan budaya

Bagan 4.13: klasifikasi CCB berdasarkan strukturnya

Dalam analisis ini CCB dapat dikelompokkan ke dalam legenda pembangun masyarakat dan budaya. C-1 sampai C-5 menceritakan asal mula penamaan suatu tempat, menjelaskan kondisi geografis suatu tempat, pemberian gelar, dan pada akhirnya menciptakan aturan-aturan adat yang harus diikuti oleh keturunan Eyang Batuwangi.
Sementara itu, C-4 yang mengisahkan Eyang Batuwangi dikejar-kejar musuh dapat pula dikelompokkan sebagai legenda penyebar agama Islam. Dalam C-4 diceritakan Eyang Batuwangi melakukan shalat hajat dan membaca surat Al Zalzalah dan surat Al Adiat. Kemudian Eyang Batuwangi berdoa untuk meminta pertolongan kepada Allah. Artinya, C-4 mengandung ajaran agama untuk mendekatkan diri kepada Allah, meminta pertolongan hanya kepada-Nya, serta mengajarkan salah satu cara meminta pertolongan tersebut.
Bila dilihat dari jalannya isi cerita, Cerita-cerita Batuwangi menyajikan kejadian-kejadian yang luar biasa dan seringkali berada di luar batas nalar manusia. C-1 misalnya, cerita ini mengisahkan kehebatan Eyang Batuwangi yang dapat terbang serta Dipati Ukur yang dapat melemparkan kerbau. C-3 mengisahkan seseorang dari Tasik Malaya yang dapat mendorong gunung, dan Eyang Batuwangi dapat mengangkat batu-batu besar dalam jumlah yang banyak sekaligus. Sedangkan C-4 mengisahkan Eyang Batuwangi dapat mengubah tanah yang normal menjadi lembek dan menjadi rawa. Sementara itu, C-5 mengisahkan Eyang Sembah Ibu yang menghilang saat mengakhiri hidupnya di Ciwindu.
Demikianlah CCB mengungkapkan hal-hal yang luar biasa, tidak masuk akal, dan terkesan dilebih-lebihkan. Namun unsur-unsur cerita seperti itu semuanya masih dapat dipahami sebagai ciri sebuah legenda.

No comments: